Friday, December 13, 2013

Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga

Di dunia otomotif kelas mobil niaga, banyak sekali orang membandingkan Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga. Kehadiran Suzuki Ertiga dikabarkan sangat mengganggu pasar besarnya Toyota Avanza dan Daihatsu xenia di Indonesia. Tentunya kabar ini tersebar karena beberapa keunggulan yang dimiliki suzuki ertiga dibandingkan dengan toyota avanza dan daihatsu xenia. Harga Suzuki Ertiga lebih murah dibandingkan dengam toyota avanza. Tetapi kabar tersebut juga tidak mutlak bahwa pasar toyota avanza indonesia dan daihatsu xenia digerus begitu saja oleh suzuki ertiga, karena avanza dan xenia pun punya kelebihan yang tidak dimliki oleh suzuki ertiga.

Toyota Avanza vs Suzuki Ertiga


Berikut keunggulan Suzuki Ertiga dibanding Toyota Avanza
  • Suzuki Ertiga menggunakan teknologi penggerak roda depan seperti sedan dengan menerapkan sistem monokok yang ada pada suzuki swift , sehingga kenyamanannya pun tentu seperti senyaman dan selincah sedan. Kegesitan membelah lalu lintas kota jelas lebih unggul FWD (Front Wheel Drive) atau penggerak roda depan dibandingkan RWD (Rear wheel drive) atau penggerak roda belakang pada Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. 
  • Suzuki ertiga lebih irit dibandigkan dengan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Suzuki Ertiga bisa mengkonsumdi bahan bakar 12-18 km/liter sedangkan Toyota Avanza berada pada kisaran 10-15 km/liter. Hal ini dipengaruhi oleh efisiennya penyaluran tenaga FWD lebih baik dari RWD. • Suzuki Ertiga memilik fitur Immobilizer, Amrest di bangku baris belakang, serta sistem audio yang lebih bagus , ABS EBD dan Air Bag pada type Suzuki Ertiga tertinggi membuat Toyota Avanza apalagi Daihatsu Xenia harus mengakui keunggulan Suzuki Ertiga. 
  • Dari sisi kabin Suzuki Ertiga secara total lebih luas dibandingkan Avanza dan Xenia. 

Kenggulan-keunggulan Suzuki Ertiga di atas bukan berarti mobil ini mampu merebut pasara Avanza, buktinya sampai saat ini pasar Avanza dan Xenia masih tetap unggul. Mengapa demikian?, tentunya Avanza dan Xenia punya kelebihan juga yang tidak bisa dikalahkan oleh Suzuki Ertiga.

Berikut keunggulan Toyota Avanza

  • Dengan teknologi FWD (penggerak roda depan) Suzuki Ertiga memang sangat nyaman di jalanan perkotaan yang relatif flat dan mulus, namun pada saat mesin FWD mengarungi jalanan jelek dan tanjakan akan menimbulkan penyakit, terutama pada masalah kaki-kaki, sespensi dan kopling yang cepat aus. Sementara keunggulan RWD (Penggerak Roda Belakang) pada Toyota Avanza untuk menaklukkan semua type jalanan di Indonesia sudah teruji selama 8 tahun.
  • Walaupun keunggulan Suzuki Ertiga yang lebih irit dan nyaman, namun ketangguhannya masih kurang dibandingkan Toyota Avanza. Jalan-jalan di Indonesia terutama di luar perkotaan masih sangat banyak yang kondisinya kurang bagus, jalan bergelombang, naik turun adalah karakter jalanan di Indonesia. Hal ini tentu mempengaruhi kekuatan Toyota Avanza di pasaran Indonesia, karena mobil ini mampu berjalan dengan tangguh pada jalan denga karakter seperti itu. 
  • Varian pada Toyota Avanza sangat banyak mulai dari Toyoa Avanza E 1,300 cc (M/T dan A/T), Toyota Avanza G 1,300 cc (M/T dan A/T) dan Toyota Avanza G 1,500 cc (M/T) dan ada juga Toyota Avanza Velos 1,500 cc (M/T dan A/T) yang lebih bertenaga 109 PS. Sementara Suzuki Ertiga hanya menawarkan Jenis GA, GL dan GX (semuanya tersedia Manual) 
  • Walaupun Suzuki Ertiga sudah menggunakan AC double blower, namun untuk baris belakang tidak dipasang AC seperti pada Toyota Avanza. Sehingga di perjalanan pada suhu panas seperti di Jakarta, penumpang di belakang akan lebih nyaman berada pada toyota avanza, sementara pada Suzuki Ertiga AC depan sulit untuk menembus ke belakang, hal ini mengurang kenyamanan untuk penumpang di baris belakang. 
  • Sparepart den bengkel Suzuki Ertiga masih sedikit dibandingkan sparepart dan bengkel Toyota Avanza. o Untuk mendapatkan predikat bagus di hati masyarakat Indonesia memerlukan waktu paling sedikit 3 tahun, jika selama itu tidak ada keluhan maka dinyatakan sukses. Hal ini belum dialami oleh Suzuki Ertiga mengingat mobil ini termasuk mobil baru, sementara Toyota Avanza sudah teruji dengan baik. 
  • Di pasar mobil bekas nilai Jual Toyota Avanza masih menjadi primadona, sainagannya hanya Honda Jazz. Masayarakat Indonesia masih memiliki pola investasi untuk memiliki kendaraan. 
  • Suzuki Ertiga memang sangat irit, namun ketangguhannya tidak menggeser Toyota Avanza, sementara masayarakat Indonesia lebih seuka memilih mobil tangguh dibanding mobil irit. 
  • Ground clearance Toyota Avanza lebih tinggi dibandingkan Suzuki Ertiga, hal ini tentu saja mempengaruhi daya jelajah. Karakter jalan di Indonesia mengharuskan mobil memiliki ground clearance yang tinggi.