Sunday, May 6, 2018

Ternyata Ini Yang Membuat Harga Mitsubishi Expander Cukup Mahal

Sebelum membahas harga Mistsubishi Expander atau Xpander yang katanya cukup mahal untuk kelas mini MPV, alangkah lebih baik kalau kita bongkar dulu atau review secara detil mengenai mobil ini, agar kita bisa menentukan dengan lebih bijak apakah harga yang dibandrol itu termasuk harga yang mahal, wajar atau murah untuk spesifikasi yang ditawarkan pada mobil mitsubishi Xpander ini.



Sejarah Mitsubishi Expander

Mitsubishi Expander, sebenarnya Misubishi Xpander saat ini menjadi trend di kalangan pecinta otomotif, di tengah ketatnya persaingan di kelas low mpv seperti toyota avanza, daihatsu xenia, suzuki ertiga, honda mobilio yang menjadi pemain utama, tiba-tiba dikejutkan dengan kehadiran pendatang baru yaitu Mitsubishi Xpander baru dengan penampilan yang sangat extrim serta harga yang sangat murah dibanding dengan para pemain lama di kelas low mpv. Bahkan banyak para analis otomotif menyebutkan mobil ini dipastikan akan menyalip posisi Toyota Avanza sebagai leader market.

Mitsubishi XM atau Small MPV Mitsubishi meyematkan tiga kata kunci untuk Xpander ini yang akan disuguhkan kepada konsumennya yaitu : “bukalah pikiranmu, perluas jangkauanmu, dan nikmati hidupmu”. Tiga nilai emosional itulah yang mendasari konsep Mitsubishi Xpander yang mengkombinasikan antara utilitas sebuah MPV dengan kedinamisan dan ketangguahan SUV. Hal ini diungkapkan oleh Chief Specialist Product Strategy Division, MMC Jepang, Takaaki Kishi.

Mitsubishi Xpander pertama kali diperkenalkan pada pameran GIIAS (GAIKINDO Indonesia International Auto Show ) 2016, pada saat itu langsung mendapat perhatian dunia. Pada ajang GIIAS 2017 yang berlangsung pada tanggal 10 sampai 20 Agustus 2017, Mitsubishi langsung merilis mobil ini. Dan Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang akan memasarkan mobil ini untuk pertama kalinya.

Exierior/Desain

Bagian Depan

Wajah Mitsubishi Xpander terlihat dengan kesan sporty dan sangat futuristic. Kalau kita bandingkan dan perhatikan sekilas, desainn Mitsubishi Xpander hampir mirip dengan Mitsubishi Pajero Sport.


Kalau kita pandang dari depan Mitsubishi Xpander terlihat sangat agresif dengan mengaplikasikan desain huruf “X” yang diberi nama dynamic shield. Tiga tingkatan lampu yang terdiri dari lampu DRL dengan desain yang sipit menyipit dipasang di bagian atas sejajar dengan kap mesin.Kemudian dibawahnya dipasang headlamp yang dipadukan dengan berpadu dengan lampu sein. 

Dan di bagian paling bawah dipasang foglamp (lampu kabut) yangakan mengoptimalkan pandangan para pengguna pada saat berkendara dalam kondisi gelap dan berkabut. Ketiga tingkatan lampu tersebut di desain secara modern. Tidak ketinggalan dengan bumper depan yang di kenakannya, terlihat sangat aerodinamis dan tangguh.

Bagian Samping


Pada bagian bodi layaknya sebuah mobil masa depan, yang bisa dikatakan sebagai salah satu MPV mewah. Lekukan bergaris tajam yang ditarik mulai dari bagian depan hingga bagian belakang mempertegas kesan tangguh seperti yhang diterapkan pada Mitsubishi Pajero Sport. Ban dengan ukuran 16 inchi yang sangat proporsIonal dengan bodinya, ditambah dengan model velg yang sangat menarik.

Bagian Belakang

Bagian belakang Mitsubishi Xpander juga tidak kalah kesan mewahnya melekat dibanding dengan bagian depan, menerapkan desain berbentuk “X”, danterpasang berbagai perlengkapan yang memberikan kesan begitu tangguh, termasuk bagian knalpot dan stop lamp,serta bentuk bumper yang cukup besar namun simple tetapi tetap terkesan gagah.

Rangka dan suspensi

Berbicara mengenai ketangguhan dan kekokohan Mitsubshi Xpander, Mobil ini dibangun dengan rangka yang sangat kokoh dan didukung dengan dimensi yang begitu presisi, jadi bisa dikatakan tidak terlalu besar, namun lebih besar dibanding dengan dimensi mobil pesaing beratnya yaitu toyota avanza, honda mobilio, dan suzuki ertiga,tapi sangat pas untuk ukuran mobil MPV, sehingga mampu memberikan kenyamanan kepada pengemudi maupun penumpang didalamnya.



Untuk urusan suspensi, Mitsubishi Motors Corporation (MMC)tidak tanggung-tanggung mengadopsi teknologi terbaik yang diterapkan pada sedan Lancer Evo X di mobil small MPV ini.Dengan tujuan, agar mobil ini mampu meredam getaran secara optimal, stabil dan minim bodi limbung, dengan kenyamanan senyaman mobil sedan Lancer EVO X.



Penggerak Roda

Mengenai penggerak roda, Mobil Mitsubihi Xpander ini menerapkan teknologi teknologiFront Wheel Drive System atau penggerak roda depan. Berbeda denganMPV lain, seperti toyota avanza yang menggunakan penggerak roda belakang. Dengan sistem penggerak roda depan ini tentu menambah faktor kenyamanan mobil ini. Dek di dalam kabin otomatis menjadi rata, karena tidak ada rumah batang gardan.


Interior

Dashboard

Saatnya masuk ke ruang kabin bagian depan. Desain dashboard yang menyerupai kubah dibalut dengan warna dual tone yang terdiri dari warna abu-abu dan beigi,memancarkan kemewahan yang berkelas dan kelapangan ruang, ditambah dengan tarikan garis horizontal yang diberikan pada dashboard yang merupakan ciri khas khas Mitsubshi.



Pada bagian dashrboard tertanam panel instrumen yang sangat tertata rapih dengan memperhatikan kebutuhan yang diinginkan pengemudi secara intuisi dengan desain yang ergonomis.
Panel instrumen Mitsubishi Xpander dibuat denganmemadukan teknologi digital dan analog untuk menampilkan berbagai informasi kepada pengemudi seperti rpm,kecepatan,kondisi bahan bakar, kondisi aki, kondisi oli, dan lain-lain.

Pada bagian tengah dilengkapi dengan MID(Multi Information Display)yang berfungsi untuk menampilkan informasi mengenai situasi yang sedang terjadi pada mobil itu sendiri maupun lingkungan di sekitarnya, dengan teknologi layar sentuh (touchscreen)yang menyediakan berbagai pilihan navigasi dengan desain yang indah dan akurasi yang tinggi. Pengemudi atau penumpang dapat mengakses maps untuk meminta petunjuk jalur yang akan dilalui.

Pada bagian ini juga terinstal audio system yang tersinkronisasi dengan Apple Car Play (menurut informasi terakhir), sehingga makin memudahkan saat akan memutar musik yang diinginkan.
Soket USB (universal serial bus) juga terpasang didalamnyauntuk menghubungkan perangkat lain dengan menggunakan kabel, sedangkan untuk menghubungkan perakngkat lain tanpa kabel (wireless) disediakan konektifitas bluetooth.

Kabin

Walaupun Mitsubishi Xpander termasuk ke dalam mobil kelas small MPV (multi purpose vehicle), Mitsubishi tetap menyuguhkan kesan mewah pada bagian kabinnya.Keamanan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang tetap menjadi prioritas utama.

Kabin yang tergolong memiliki ruang yang lebih luas dibanding dengan MPV sekelasnya, mampu mengangkut banyak orang, walaupun kursi yang disediakan hanya untuk 7 penumpang. Semua kursi dirancang semi bucket (kursi untuk mobil balap namun bahannya ditambah busa) yang empuk, nyaman dan terkesan mewah, dan terbuat daru material pilihan yang berkualitas.

Bagasi


Tidak hanya ruang kabin yang dibuat luas, mewah dan berkelas, Mitsubishi Xpander sebagai Next Generation MPV disempurnakan dengan tersedianya ruang bagasi untuk membawa barang yang cukup lapang.

 Menariknya lagi bangku baris ketiga bakan bangku baris kedua bisa dilipat, sehingga ruang kabin di belakang sopir dan di belakang penumpang depan sebelah kiri bisa menjadi rata, sehingga memberikan ruang yang lebih luas untuk mengangkut banyak barang bawaan yang berukuran besar.


Dimensi

Mitsubishi Xpander didesain dengan ukuran yang pas sesuai dengan karakter orang Indonesia yang sering jalan-jalan membawa keluarganya.

Mobil ini dibuat dengan ukuran :
  •  Panjang : 4.475 mm 
  •  Lebar : 1.750 mm 
  •  Tinggi : 1.700 mm.

Mitsubishi Xpander juga dibuat dengan ground clearance (jarak antara tanah dengan body mobil) setinggi 205 mm dengan velg 16 inci, sehingga sangat cocok untuk melintasi jalan yang naik turun, jalanan dengan genangan air (sering banjir), bahkan jalanan yang rusak banyak lubang dan berbatu.


Fitur

Mitsubishi Xpander dibekali mesin berteknologi Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System atau lebih dikenal dengan MIVEC. Teknologi MIVEC ini dirancang untuk menyempurnakan setiap akselerasi (perubahan kecepatm) yang terjadi pada dapur pacu mobil ini. Dengan teknologi ini pengoperasian mesin dari rpm rendah ke rpm tinggi dibuat mudah. Pada kecepatan rendah (Low Speed Mode), teknologi MIVEC ini membuat konsumsi bahan bakar pada kendaraan ini menjadi sangat ekonomis dan ramah lingkungan.

Fitur lain terdapat pada kunci kontak yang berupa Keyless Operation System (KOS). Sitem KOS ini memungkinkan pengemudi menyalakan mesin tanpa memutar kunci kontak, bahkan bisa dilakukan ketika kunci mobil berada di dalam saku. Begitu juga untuk membuka untuk membuka pintu. Tombol-tombol KOS ini berkomunikasi dengan kendaraan memanfaatkan teknologi wireless atau nirkabel. Dengan system ini juga, selain menyalakan mesin, juga bisa menyalakan lampu dengan menekan tombol dari jarak jauh. Ini berguna pada saat mobil berada di area parkir yang luas pada kondisi gelap, kita dengan mudah bisa mencarinya.

Beberapa port USB juga dipasang pada mobil ini dengan daya 12 Volt berguna untuk mengisi daya baterai handphone atau gadget.


Keamanan

Pengereman

Untuk masalah keamanan pada pengereman, Mitsubishi Xpander menerapkan 4 teknologi pengeraman terkini, yaitu sistem pengereman dengan teknologi ABS, EBD, BA dan HSA. Namun sebelum kita bahas system pengereman pada Mitsubihi Xpander, ada baiknya kita mengerti mengenai 4 teknologi system pengereman terkini. 

 1. Antilock Braking System (ABS)
ABS merupakan teknologi pengereman untuk menghindari terkuncinya rem saat terjadi pengereman mendadak. Pada saat pedal rem ditekan dengan keras, roda akan terkunci dan tidak bisa dibelokan dan sulit menghindari tabrakandengan objek di depannya. Namun dengan ABS ini roda tidak terkunci sehingga masih bisa dibelokan ke kiri atau ke kanan. 

2. Electronic Brake Distribution (EBD)
EBD berfungsi mendistribusikan dan menyeimbangkan pengereman pada masing-masing ban secara elektronik sesuai kebutuhan beban ,asing-masing roda agar mendapatkan pengereman yang efektif. Sistem pengerman EBD ini selalu dikombinasikan dan diintegrasikan dengan system ABS.
 3. Brake Assistance (BA)
BA berfungsi menambah tekanan rem pada saat terjadi pengereman mendadak (panic brake), sehingga mobil bisa berhenti dalam jarak yang lebih pendek. 

 4. Hill Start Assist Control (HSA)
HSA berfungsi untuk menahan agar mobil tidak mundur pada saat berhenti di tanjakan. HSA bekerja dengan tetap melakukan pengereman otomatis walaupun pengemudi melepas pedal remnya, dan akan dilepas pada saat pengemudi mulai menekan pedal gas. Semua tipe Mitsubishi Xpander sudah dilengkapi dengan system pengereman ABS dan EBD, namun system pengereman BA dan HSA hanya dipasang pada dua tipe teratas yaitu Sport dan Ultimate. Selain 4 teknologi untuk pengereman,

Mitsubishi Xpander juga dilengkapi dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang berfungsi menyalakan lampu hazard secara otomatis jika pengendara tiba-tiba menginjak pedal rem pada kecepatan tinggi.

Kantung Udara (airbags)

Pada bagian depan, Mitsubishi Xpander juga dilengkapi dengan fitur dual SRS airbags, berfungsi untuk menjaga penumpang dan pengemudi di depan dari benturan dengan bagian dashboard ketika terjadi tabrakan.



Sabuk Pengaman yang umum dipasang di jok paling depan. Tiga sabuk pengaman ditambahan pada pada bangku baris kedua. Jok Isofix juga ditambahakan yang digunakan untuk menempatkan child seat lebih aman

Uji Tabrak (Crash Test)

Mitsubishi Xpander telah melalui proses uji tabrak atau crash test, hal ini dilakukan untuk menentukan tingkat keamanan mobil dalam melindungi penumpang yang berada di dalam kabin. Uji tabrak ini dilakukan oleh NCAP (New Car Assesment Program) dengan menilai tiga kategori yaitu kategori perlindungan untuk orang dewasa, perlindungan anak, serta teknologi keselamatan.

Dari hasik uji tabrak tesebut, Mitsubishi Xpander mermperoleh 39,08 poin untuk perlindungan orang dewasa, 18,69 untuk perlindungan anak, dan 13,89 poin untuk kategori teknologi keselamatan, sehingga memperoleh nilai total 71,66 poin.

Dengan jumlah poin tersebut NCAP membuktikan bahwa Xpander merupakan mobil keluarga yang aman dan memberikan Bintang Empat.

Mesin

Mitsubishi Xpander memiliki spesifikasi mesin tipe Mitsubsihi Innovative Valve Timinig Electronic (MIVEC) berkapasitas 1.468 cc dengan 16 katup mampu menghasilkan tenaga sebesar 86 dk dan torsi maksimum sebesar 145 Nm.



Jika dibandingkan dengan MPV lain di kelasnya, walaupunmemiliki bodi yang lebih besar , Mitsubishi memastikan tarikannya terasa ringan dan dikonsumsi bahan bakar juga lebih irit. Sistem transmisi untuk Mitsubishi Xpander diberikan dua pilihan yaitu automatic dengan 4 percepatan dan manual dengan 5 percepatan.

Varian

Mitsubishi Xpander dihadirkan dengan 5 varian dengan pilihan 2 sistem transmisi, yaitu Matic dan Manual. Varian-varian tersebut mulai dari spesifikasi terendah sampai yang paling mewah adalah GLS, GLX, Exceed, Sport, dan Ulitmate.

Berikut adalah perbedaan dari setiap varian :

1. Mitsubishi Xpander tipe GLX
 Tipe ini hanya tersedia transmisi Manual atau MT
– Lingkar roda standar 15″ ditutupi dop plastik
– Piano black front grille
– Color key door mirror
– Color key door handle
– Door mirror side turn lamp
– Air Conditioner atau AC single blower, hanya di bagian depan
– Power window
– Central door lock
– Electric door mirror
– Fabric seat materials
– Urethane steering wheel
– Semi-high contrast meter cluster
– Multi information display
– Audio less with 2 speakers
– 12V accessory socket
– Side impact beam
– Dual airbags
– ABS+EBD
– ISOFIX child restraint seat
– Emergency Stop Signal (ESS)
– Immobilizer
– 5 speed MT

2. Mitsubishi Xpander tipe GLS (MT)
Tipe GLS ini juga hanya tersedia transmisi Manual atau MT
– Semua spesifikasi tipe GLX
– Alloy wheel 15″
– Fog lamp
– AC Bagian kursi tengah dan belakang (double blower)
– Remote entry system with alarm
– Unique wide 2DIN audio, CD/MP3 player, USB port with 4 speakers
– Welcome light
– Coming home light

3. Mitsubishi Xpander tipe Exceed (AT – MT)
Tipe ini tersedia 2 pilihan transmisi Manual dan Matic 
– Semua spesifikasi tipe GLS, plus;
– 16″ two-tone alloy wheel
– Electronic folding mirror
– High grade fabric seat materials
– dengan water repellent
– Semi-high contrast meter cluster with decoration
– Driver seat height adjuster
– Seatback pocket (Driver side)
– Audio remote control steering switch
– 12V accessory socket (x3)
– 4 speed AT dan 5 speed MT

4. Mitsubishi Xpander tipe Sport (AT)
Tipe ini tersedia 1 pilihan transmisi yaitu Matic (MT)
– Semua spesifikasi tipe Exceed, plus;
– Chrome + clear smoke grille
– Leather wrapped steering wheel
– Leather wrapped AT shift knob
– Leather wrapped parking brake lever
– Deluxe type floor console
– High contrast meter cluster
– Color LCD multi information display
– Keyless operation display (KOS)
– Engine start/stop button
– Unique wide 2DIN audio with 6 speakers
– Brake Assist (BA)
– Hill Start Assist (HSA)
– Active Stability Control (ASC) with Traction Control Logic (TCL)

5. Mitsubishi Xpander tipe Ultimate (AT only) 
Tipe ini hanya tersedia transmisi Matic (AT)
 – Semua spesifikasi tipe Sport
– Chrome door handle
– Chrome door mirror
– Hands free function with steering switch
– Unique wide 2DIN touchscreen audio (Sony tipe Mega Bass),
– DVD player,
– USB port with speakers
– Kamera belakang

Harga

Harga Mitsubishi Xpander bervariasi sesuai dengan tipe masing-masing variannya. Tentu varian dengan spek paling rendah dibandrol dengan harga termurah mulai dari varian GLX berlanjut sampai dengan tipe ultimate.

Inilah daftar harga Mitsubishi Xpander :

GLX M/T : Rp 189.050.000,-
GLS M/T : Rp 208.550.000,-
Exceed M/T : 214.550.000,-
Exceed A/T : 224.950.000,-
Sport A/T : 237.150.000,-
Ultimate A/T : 245.350.000,-

Setelah anda mengetahui segala sesuatu tentang mobil Mitsubishi Expander, kini anda sudah bisa menentukah mahal atau murahnya harga mobil ini.

Terimakasih atas kunnjungannya.














0 komentar